5 Film Dokumenter tentang Indonesia

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan. Istilah "dokumenter" pertama digunakan dalam resensi film Moana (1926) oleh Robert Flaherty, ditulis oleh The Moviegoer, nama samaran John Grierson, di New York Sun pada tanggal 8 Februari 1926. (Wikipedia)


Berikut adalah 5 film dokumenter ( versi Idealis) yang mengambil latar maupun kejadian di Indonesia



1. The Journey of The Beast


The Journey of the Beasts from Sebastian Linda on Vimeo.

Jakarta, Bandung, Bali



2.  The Act of Killing


The Act of Killing Trailer from Dogwoof Documentary on Vimeo.

Medan, Sumatera Utara.

Ketika pemerintah Indonesia digulingkan oleh militer pada 1965, Anwar dan kawan-kawan 'naik pangkat' dari preman kelas teri pencatut karcis bioskop menjadi pemimpin pasukan pembunuh. Mereka membantu tentara membunuh lebih dari satu juta orang yang dituduh komunis, etnis Tionghoa, seniman, dan intelektual.

Dalam film Jagal/The Act of Killing, Anwar dan kawan-kawan berusaha menyampaikan imajinasi mereka tentang pembantaian yang mereka lakukan ke dalam sebuah film fiksi. Sebuah upaya justifikasi heroisme yang perlahan berubah menjadi mimpi buruk.

Jagal/The Act of Killing adalah sebuah cerita tentang para pembunuh yang menang, serta tentang masyarakat yang mereka bentuk.
download di actofkilling.com/

3. Mereka Yang Melampaui Waktu



Film ini mengangkat narasi orang-orang di nusantara yang panjang umur karena merokok, pecandu kopi dan tetap segar bugar di usia tua. Mereka, bahkan masih bisa mencangkul, membajak sawah, memanen tembakau dan kegiatan produktif lainnya.

Rokok kretek

4. 40 Years of Silence : An Indonesian Tragedy


40 Years of Silence: An Indonesian Tragedy (Trailer) from Elemental Productions on Vimeo.

Ketika genosida 1965 terjadi, dan diskriminasi serta tekanan psikologis yang dialami setelahnya oleh para anggota keluarga dan keturunan Partai Komunis Indonesia.

5. Punk Rock vs Sharia Law



Eksistensi komunitas Punk di Banda Aceh yang dilawan oleh kebijakan Hukum Syariat
Previous
Next Post »
Thanks for your comment