Di KTT G20 Jokowi jadi juru masak

Sebuah surat kabar Australia memberikan sambutan kurang sopan kepada pemimpin G20 pada Jumat, dengan Barack Obama digambarkan bertelanjang dada menggunakan celana renang, Angela Merkel ditampilkan memeluk koala dan Vladimir Putin mengenakan topi yang terbuat dari karton bir.

Brisbane Courier-Mail menunjukkan pemimpin Indonesia Joko Widodo sedang merawat barbekyu, PM Jepang Shinzo Abe berpakaian sebagai penjaga pantai surfing dan pemimpin China Xi Jinping tampak seperti dia sedang berjalan menuju untuk berenang dengan handuk tersampir di bahunya.

Perdana Menteri India Nahendra Modi digambarkan sedang mengangkut dan menunjukkan ikan besar, Presiden Perancis Francois Hollande sedang menghirup anggur putih, sementara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma memegang bir. 



Perdana Menteri Australia Tony Abbott, yang menjadi tuan rumah para pemimpin dari 20 ekonomi terbesar di dunia untuk KTT G20 di Brisbane akhir pekan ini, ditampilkan setelah muncul dari  surfing dengan  hanya mengenakan celana renang - dikenal di Australia sebagai budgie-smugglers -- dan topi. 

Sementara tag line 'Selamat Datang di Surga' dengan nada ringan diambil sebagai penutup, memberi Obama nama panggilan 'Bazza' dan menjelaskan landmark dan istilah lokal, dalam tabloid tersebut juga mengambil sikap yang lebih serius - mengabdikan halaman depan yang tepat untuk jatuhnya pesawat MH17 dan menyerukan Putin untuk mengatakan 'maaf'.

Penerbangan Malaysia Airlines , yang membawa 38 warga negara dan penduduk Australia, ditembak jatuh di atas Ukraina pada bulan Juli yang membunuh total semua 298 penumpang. 

Barat meyakini pesawat itu meledak dari langit karena rudal yang dipasok oleh Rusia, pernyataan tersebut dibantah Moskow.

Dalam sebuah surat singkat kepada Putin, tabloid berterima kasih kepada pemimpin Rusia karena mengunjungi Brisbane, tetapi melanjutkannya dengan: "Tapi sebelum puncak akan berlangsung, ada satu kata yang orang-orang Australia ingin dengar - maaf." 

Abbott dan Putin bertemu terkait masalah itu, yang hubungannya telah menegang antara negara-negara pada awal pekan ini di Cina dengan tanpa acara.

Abbott terkenal dengan bersumpah untuk "shirtfront" Putin - istilah dalam aturan sepak bola Australia dimana seorang pemain membayar lawan - atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines.

Sumber: Dailymail

Dari Jokowi sampai Putin

Courier Mail telah menampilkan Jokowi dengan mengenakan celemek yang digunakan khas Koki atau Juru Masak dan sedang memanggang barbekyu. Tentu saja kegiatan barbekyu ini bagi sebagian besar orang Indonesia bukanlah sebuah tradisi atau kebiasaan yang sering dilakukan. 

Dalam budaya informal masyarakat Australia, "tukang masak" di acara barbekyu umumnya dilakukan oleh tuan rumah dan dihormati atau disegani oleh para tamu dan kolega yang hadir. 

Sedangkan Putin sendiri tampak menjadi fokus khusus oleh surat kabar ini karena berkali-kali dengan jelas menyinggung masalah jatuhnya pesawat MH17 yang menewaskan seluruh awak dan penumpang serta membuat tegang hubungan Russia dengan negara-negara lain. 

Dituliskan bahwa warga Australia ingin mendengar pernyataan maaf langsung dari Putin sebelum puncak acara G20 terjadi.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment